Waktu kecil dahulu, umumnya beberapa orang senang dengarkan dongeng yang di kisahkan oleh nenek mereka saat tidur. Entahlah kenapa, beberapa anak demikian tertarik serta ingin tahu dengan narasi yang diucapkan neneknya.
Beberapa jenis typical dikisahkan, dimulai dari negeri impian, legenda, mitos, jenaka, sampai horor. Biarpun tidak banyak anak kecil yang tertarik pada kejadian menyeramkan, tetapi di antara dari mereka akui tidak takut dengan cerita-cerita hantu.
Salah satunya permainan tradisionil unik Nusantara yang sarat dapat nuansa horor merupakan jailangkung. Pada era dulu kala, jailangkung biasanya dilaksanakan jadi ritual buat menyebut entitas supernatural.
Media yang diperlukan buat menyimpan makhluk halus yang di panggil dalam permainan jailangkung merupakan satu gayung air, umumnya terbuat dari tempurung kelapa yang dipakaikan pakaian serta bergagang batang kayu.
Lantaran sifatnya yang berwujud ritual buat menyebut serta berkomunikasi dengan makhluk halus, permainan jailangkung lantas berkembang menimbulkan mitos-mitos hantu atau kesurupan jadi imbas buat orang yang memainkannya.
Konon, apabila permainan ini disudahi tanpa ada melepas atau berpamitan dengan makhluk halus yang masuk ke boneka, makhluk gaib itu dapat murka serta bisa bikin soal buat beberapa pemanggilnya.
Tidak hanya jailangkung yang kondang di Indonesia, ada semacam permainan menyeramkan lain yang datang dari beberapa seluruh dunia.
1. Light as a Feather, Stiff as a Board
Anda tidak butuh alat teristimewa buat mainkan "Light as a Feather, Stiff as a Board". Cukup seorang yang bersedia buat turut mengambil sisi dari permainan ini.
Ia berbaring di lantai serta Anda bersama-sama rekan-rekan Anda lainnya mesti berlutut. Semasing orang yang berlutut lantas tempatkan dua jari dibawah orang yang berbaring.
Lalu awalilah ucapkan "light as a feather, stiff as a board" dengan berulang-ulang, sekalian tutup mata. Bila Anda sedang mujur, konon arwah atau makhluk halus yang ada di seputar Anda dapat menumpang orang yang berbaring barusan sampai tubuhnya dapat melayang-layang.
2. Papan Ouija
Walaupun papan ouija biasanya di jual jadi permainan beberapa anak, tetapi sebetulnya benda ini miliki arti lain.
Sebelumnya papan Ouija diketahui pada Zaman ke-19 jadi "papan yang dapat bicara". Iklan dari papan ini menggambarkan, papan sihir itu sebagai papan yang bisa menjawab beberapa pertanyaan pada kisah lampau, dewasa ini, bahkan juga hari esok.
Adanya papan ini berubah menjadi disukai banyak orang di Amerika. Ditambah lagi ketika itu banyak orang masih yakin perihal supranatural. Bahkan juga, mereka yakin kalau papan permainan itu sebagai media komunikasi dengan beberapa orang paling dekat yang telah wafat.
Sekarang, Anda dapat dapatkan papan ouija dengan simpel di toko mainan apa-pun di luar negeri.
Ouija dikenal juga jadi papan roh atau papan yang bisa bicara dengan punyai bentuk datar. Papan ini sama juga dengan huruf abjad, angka 0–9, kata "ya", "tidak", "halo" (tidak semua papan ouija ada kata ini), serta "selamat tinggal" , beberapa ikon serta grafik, sepotong kayu bersifat hati kecil yang disebutkan planchette.
Langkah memainkannya yakni tempatkan jari-jari Anda di atas planchette serta benda ini konon dapat bergerak dengan sendirinya lantaran tingkah hantu. Gerakan itu dapat mengeja banyak kata atau kalimat yang ingin disampaikan oleh hantu di seputar Anda.
Anda dapat ajukan pertanyaan apa-pun pada si hantu serta hantu ini dapat menjawab tiap-tiap pertanyaan Anda dengan menggerakkan planchette ke huruf-huruf, angka, ikon yang berada di papan agar dapat dibaca oleh Anda kedepannya.
3. Three Kings Cross
Ini pun permainan paranormal yang begitu kondang. Letakkan tiga bangku dengan berjajar pada tempat yang gelap serta tidak mempunyai sinar sedikitpun. Tempatkan dua cermin memiliki ukuran besar di atas dua bangku, yakinkan bangku yang ada ditengah-tengah kosong.
Seputar larut malam jam 12.00 atau 01.00, Anda mesti masuk tempat ini dengan bawa beberapa benda kecintaan Anda sewaktu kecil. Letakkan mereka di mana saja yang Anda ingin.
Selanjutnya, diamkan banyak barang itu berada di sana serta membuka lebar pintu tempat gelap itu.
Seputar jam 03.00 pagi hari, kembalilah ke tempat itu serta periksalah, apa semua beberapa benda punya Anda masih ada di urutan mula-mula?
Terus diam pada tempat sampai pas jam 03.33. Disaat jam telah membuktikan angka itu, berdirilah dihadapan bangku kosong sekalian menggenggam lilin yang menyala.
Saat ini, lihat bayangan Anda di cermin. Bila 'beruntung', konon Anda dapat memandang pribadi gaib di seputar Anda serta mungkin coba berkomunikasi dengan Anda.
4. Permainan Bak Mandi
Permainan ini pada prinsipnya merupakan ritual dari Jepang. Konon, hantu yang tampak dalam permainan ini dapat ikuti Anda selama seharian serta coba tangkap Anda.
Buat memainkannya, Anda mesti pergi ke bak mandi Anda sebelum tidur. Bebaskan semua kemeja Anda alias telanjang. Isi bak mandi dengan air, serta matikan semua lampu rumah. Disaat Anda masuk bak mandi, Anda mesti menghadap ke keran.
Lalu, tutup mata Anda serta awalilah keramas. Sewaktu yang berbarengan, dendangkan "Daurama-sen jatuh" (Daurama-sen fell down) hingga Anda usai membersihkan rambut.
Apabila mujur, konon Anda dapat memandang pribadi bayangan wanita Jepang yang berdiri di dekat bak mandi serta jatuh pada keran di bak mandi dengan tembus matanya.
Selekasnya sehabis Anda rasakan kedatangan hantu ini, tanyakanlah kepadanya, "Kenapa kamu jatuh ke bak mandi?"
Jangan menanti jawaban apa-pun darinya. Cepat keluar dari kamar mandi, tutup serta kunci pintu kamar mandi, serta selekasnya tidur.
Besok paginya, Anda dapat rasakan kedatangan hantu wanita itu di seputar Anda. Selama seharian, ia dapat senantiasa ikuti Anda. Yang penting Anda kerjakan adaalah menjaga jarak darinya.
Disaat Anda memandang sosokya keluar di belakang pundak kanan Anda, Anda mesti mengatakan kata "Kitta!" serta kerjakan pergerakan memangkas ala karate. Bila Anda tidak mengerjakannya secara benar, karena itu ia dapat tampak dalam mimpi Anda.
5. Bloody Mary
Dongeng perihal Bloody Mary cukup disukai banyak orang di negara Barat, lebih di Inggris, karena nama ini menunjuk pada Ratu Mary I.
Hal yang butuh Anda kerjakan buat bermain permainan ini merupakan menyalakan satu lilin serta pegang memanfaatkan tangan Anda. Lalu berdirilah dihadapan cermin dengan situasi gelap gulita (lampu dimatikan).
Lihat bayangan Anda di cermin sekalian ucapkan "Bloody Mary" sekitar 3x.
Konon langkah berikut dapat menyebut arwah seseorang wanita bernama Mary Worth (Mary Worthington, bergantung mitos di setiap negara). Ia dapat keluar dari dalam cermin dalam situasi yang berlumuran darah serta dapat mengerjakan apa buat Anda.
Mary di kisahkan wafat di muka cermin. Beberapa mengemukakan jika wafat dibunuh dengan kejam oleh kekasihnya atau kawan kencannya. Sejumlah orang memandangnya seseorang penyihir.
Arwahnya terpedaya dalam cermin sampai tidak dapat keluar, terkecuali ada seorang yang buka jalannya. Berkat kelamaan terpedaya dalam cermin, jiwanya berubah menjadi geram, hampa serta dapat mengerjakan perihal di luar batas kemanusiaan.